Selasa, 09 Juni 2009

"Shodaqoh"

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

Hadits-hadits Rasul Saw tentang Jenis-jenis Shodaqoh dan Fadlilahnya

# Memberi Nafkah pada Keluarga
1. Dari Sa’id bin Abi Waqqash rs, bahwasannya Nabi Saw bersabda: “Tidak ada nafkah yang engkau nafkahkan dalam rangka mengharap wajah Allaah, kecuali Allaah akan memberinya pahala, meski hanya satu suap yang engkau masukkan ke mulut istrimu.” (HR. Bukhari dan Muslim

2. Dari Abi Mas’ud Al-Badri, bahwasannya Nabi Saw bersabda: “Apabila seorang muslim memberi nafkah kepada keluarganya karena Allaah, maka pahala nafkahnya itu sama dengan pahala shodaqoh.” (HR. Muslim)

3. Dari Muqaddim bin Ma’di Karb. Bahwasannya Nabi Saw bersabda: “Apa saja yang kamu beri makan kepada istrimu adalah shodaqoh bagimu. Apa saja yang kamu beri makan kepada anakmu adalah shodaqoh bagimu. Apa saja yang kamu beri makan kepada pembantumu adalah shodaqoh bagimu. Dan apa saja yang kamu beri makan untuk dirimu sendiri itu juga shodaqoh bagimu.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

# Memberi Bantuan dan pertolongan kepada saudara
1. Dari Abu Hurairah ra bahwasannya Nabi Saw bersabda: “Dan menolong seseorang dari kendaraannya, kemudian membawakannya dan mengangkatkan harta bendanya adalah shodaqoh.” (HR. Syaikhan)

2. Dari Ibnu Abbas ra, bahwasannya Nabi Saw bersabda: “Anak Adam itu memiliki tiga ratus enam puluh persendian (360). Masing-masing dari itu punya nilai shodaqoh dalam setiap harinya. Setiap ucapan yang baik yang dikatakan oleh seseorang adalah shodaqoh. Memberi pertolongan atas sesuatu kepada saudaranya adalah shodaqoh. Minuman yang diberikan adalah shodaqoh. Menyingkirkan sesuatu yang membahayakan di jalan itu adalah shodaqoh.”
  (HR. Ath-Thabrani) 

3.Dari Abi Dzar ra, bahwasannya Nabi Saw bersabda: “Setiap persendian Anak Adam pada pagi hari terdapat shodaqoh. Setiap tasbih adalah shodaqoh, setiap tahmid adalah shodaqoh, setiap tahlil adalah shodaqoh, setiap takbir adalah shodaqoh. Memerintahkan kepada kebaikan adalah shodaqoh, mencegah kemungkaran adalah shodaqoh. Dan mencukupi dari semua itu yakni dua roka’at sholat dluha yang dilakukannya.” (HR. Muslim dan Nasa’i)
 
4. Dari Abi Dzar ra, bahwasannya Nabi Saw bersabda: “Senyummu di hadapan saudaramu adalah shodaqoh. Kamu memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran adalah shodaqoh.” (HR. Bukhari dan Ibnu Hibban)

Marilah saudaraku kita perbanyak shodaqoh kita sesuai dengan kemampuan kita, tapi yang perlu diingat bahwa shodaqoh jangan dipersempit hanya lewat materi saja.

Wallohu-a'lam.

Wassalammu'alaikum wr.wb.

Kemuning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar